Sunday, January 23, 2005

Konspirasi Bencana. Ada Yah?

Pertama kembali ke dunia maya setelah 3 minggu, seorang teman memposting di sebuah milis tentang tsunami ini, yang sebenarnya adalah senjata Amerika. Lengkapnya di sini.

Ada 2 cara untuk menanggapi teori2 konspirasi seperti ini, satu, menganggapnya sekadar junkmail-sampah-taikkucing, dan langsung mendeletenya sambil ngomel2 secukupnya. Kedua, adalah menanggapinya dengan tertawa dan memforwardkannya langsung ke milis yang tepat: gak-penting@yahoogroups.com. Dan saya melakukan yang kedua.

Yeah, Amerika dan Israel adalah sasaran teori konspirasi yang paling gurih di seluruh dunia. Baik itu dituduhkan oleh fundamentalis berbasis agama literer, kaum sosialis, anti globalisme, lan sa' piturute, pokoknya dari paling kanan ke paling kiri.

Tapi untuk bencana massif kayak gini, mbok iyao, itu energi buat bikin2 dan mikir2 teori2 konspirasi kayak gini lebih disalurkan buat mikirin tentang anak2 pengungsi yang terancam pendidikannya (juga keselamatan fisik dan mentalnya), kurangnya dukungan buku2 buat belajar mereka (orang2 lebih suka ngirim supermi), kesempatan untuk mendapatkan keluarga yang layak buat anak2 yang kehilangan seluruh keluarganya sesuai adat dan agamanya, gimana menyembuhkan trauma yang mereka dapat sejak masih sangat belia... karena apapun penyebab itu semua, mau alam kek, mau senjata amrik kek, ratusan ribu anak2 itu udah terlanjur mengalami itu semua. Begitu.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home